ANALISIS FAKTOR MOTIVASI PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA JERMAN MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA JERMAN UNIVERITAS NEGERI YOGYAKARTA

Posted: Kamis, 29 April 2010 by Ibay thejoery anakalam in
0

ANALISIS FAKTOR MOTIVASI PENGGUNAAN INTERNET
SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA JERMAN
MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA JERMAN
UNIVERITAS NEGERI YOGYAKARTA

Oleh:
Muhammad Nurrochim
NIM: 04203241026

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) faktor-faktor motivasi yang menentukan penggunaan internet sebagai media pembelajaran bahasa jerman mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Yogyakarta. (2) Variabel yang mewakili setiap faktor yang menentukan internet sebagai media pembelajaran bahasa Jerman mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Yogyakarta.
Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Yogyakarta pada semester gasal tahun 2008/2009. Pengambilan data dilakukan pada awal bulan Desember 2008 dengan jumlah subjek  sebesar 80 responden. Validitas dan reliabilitas kuesioner di uji dengan pearson correlation dan cronbach alpha. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis komponen utama dan analisis faktor.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Faktor-faktor yang memotivasi mahasiswa dalam menggunakan internet sebagai media pembelajaran bahasa Jerman adalah: (1) Faktor Informasi adalah faktor yang berasal dari internet itu sendiri. Yaitu variabel Interactivity, Kelengkapan, Tak terbatas dan Menarik. Dengan persentase keragaman sebesar 31,842%. (2) Faktor Individu yaitu faktor yang berhubungan dengan individu mahasiswa (Minat, Relevansi dan Prestasi) dengan persentase keragaman sebesar 13,157%. (3) Faktor lingkungan dengan persentase keragaman sebesar 10,226%. Variabel yang mendukung adalah Kepuasan, Biaya, Orang Lain, dan Organisasi.(4) Faktor ektifitas dalam menggunakan internet. Persentase keragaman sebesar 8,693%. Variabelnya adalah Kemudahan dan Pengetahuan. Total keragaman yang mampu dijelaskan oleh keempat komponen utama tersebut adalah sebesar 63,918 persen.

Faktorenanalyse der Motivation in die Verwendung des Internets
als Deutschlernmedien an die Deutschstudenten
der Universitas Negeri Yogyakarta

von:
Muhammad Nurrochim
NIM: 04203241026

ABSTRAKT

Diese Forschung zielt darauf ab, herauszufinden: (1) Faktoren, die die Studenten der Deutschabteilung Universitas Negeri Yogyakarta das Internet als Deutschlernmedien zu gebrauchen motivieren. (2) Variablen für jeden Faktor, der die Studenten der Deutschabteilung Universitas Negeri Yogyakarta das Internet als Deutschlernmedien zu gebrauchen motiviert.
Die Subjekte der Forschung sind die Studenten der Deutschabteilung Universitas Negeri Yogyakarta im Jahrgang 2008/2009. Die Datensammlung findet am Dezember 2008 statt,  die Zahl der Subjekte umfasst 80 Befragten. Die Daten werden durch Umfrage gesammelt. Die Zuverlässigkeit und Gültigkeit des Umfragens werden durch pearson correlation und cronbach alpha geprüft. Die Daten werden durch Deskriptive-, die Hauptkomponenten- und Faktorenanalyse Verfahren analysiert.
Die Untersuchung ergibt sich wie folgendes. Faktoren, die die Studenten der Gebrauch des Internets motivieren sind: (1) Informationsfaktor, der aus dem Internet selbst kommt. Sie sind Interktivität, Vollständigkeit, unbegrenzt und Attraktivität. Der Prozensatz der Varianz ist  31.842%. (2) Der interne Faktor der Befragten ( Intersse, Relevanz und Leistung), der Prozentsatz der Varianz ist 13.157%. (3) Lernumfeldsfaktor, der prozentuale Anteil der Varianz ist 10.226%. die Variablen sind Zufriedenheit, Kosten, anderen Menschen und Organisation. (4) Effizienzsfaktor bei der Nutzung des Internets. Der Prozentsatz der Varianz ist 8.693%. Die Variablen sind Einfachkeit und Kenntnis.  Der gesamten Varianz, der durch die vier Hauptkomponenten sich erklärt, ist 63.918 Prozent.

0 komentar: